manfaat pajak, menurut gue sih…

Temen gue, ada yang ngedumel : apa seh manfaat pajak buat kita – kita ? perasaan selama ini gue gak pernah deh, ngerasain manfaat pajak…?

 

Gitu deh gerundelan temen gue, di kantin sekolah waktu jam istirahat.

 

Gue nanya balik, “bener elo gak ngerasain manfaat pajak ?”

Sumpah deh… kata temen saya dengan yakin dan mantaaffff

“Nah, elo sekolah di sini? Emang yang ngebangun sekolah ini sapa? Nenek elo?” … Tanya gue

Temen gue terdiem, es teller yang dia sedot hampir tersedak.

“Terus, guru yang ngajar kita… emang gajinya dari mana kalo gak dari pajak ?”

Sekarang sedotan yang dia pegang tadi, bener – bener masuk ke dalam tenggorokannya hehehe

 

Makanya guys, kita jangan terlalu apriori atawa apatis dengan pemerintah kita. Cobalah memandang segala sesuatu dari berbagai sisi dan pandangan… ceileee, kayak professor filsafat aja neh gue…

 

Bener loh, gue sekarang lagi belajar memahami segala sesuatu dari berbagai sisi, jangan dari salah satu sudut aja yang menguntungkan kita, tapi coba memandang dari sisi lainnya.

 

Contohnya pajak tadi. Banyak orang yang bilang, dia nggak ngerasain pajak yang dia bayar. Tapi, buktinya dia ngerasa aman karena ada pak polisi, nah pak polisi itu gajinya dibayar dari pajak yang kita bayar.

Terus kita punya tentara, punya Presiden, punya Menteri, punya DPR, pokoknya seluruh perangkat Negara deh… itu kan gajinya dari pajak yang kita bayar juga?

 

Terus, gedung sekolah dari ujung Aceh sampai ujung Papua, kan dibangun pake pajak ? Apalagi yah? Oh, iya… jalan raya, jembatan, rumah sakit, bea siswa, dll..dll..dll…

 

Coba kalo seluruh penduduk Indonesia pada nggak bayar pajak? Bakal gak ada sekolah, pak guru, pak polisi, pak tentara, dan seluruh kehidupan bernegara lainnya…

Apa jadinya dong guys?

 

Makanya, coba deh berfikir dengan jernih dari berbagi sudut yang agak netral guys…

Gue bukannya lagi pro pemerintah atawa mo nyalon jadi Caleg neh, tapi sekali lagi gue sekarang lagi belajar memahami segala sesuatu dari berbagai sisi…

 

Kalau pendapat gue salah, ya maafin aja yah? Maklum lagi belajar guys… I’m just little think hehehe

Tinggalkan Balasan

