Yang wajib memiliki NPWP…?

Kita warga Negara Indonesia neh, yang mo coba jadi warga Negara yang ‘nggak badung deh, mo patuh ama kewajiban bernegara, mo bayar pajak neh… gimana duong, caranya ?

 

Yang pasti guys, kita kudu punya NPWP dulu kalo mo melaksanakan kewajiban dan hak perpajakan kita. Musti dan harus punya NPWP dulu. Inget tulisan gue yang kemaren-kemaren, NPWP tuh ibarat ‘kunci’ kalo kita mo masuk dalam ‘rumah’ administrasi perpajakan kita.

 

Nah, kalo gitu gimana dong caranya kalo mo dapetin tuh kunci… eh, NPWP ?

 

Nih, gue kutip sedikit dari Undang-undang neh, yang wajib mendaftarkan diri ke kantor pajak :

 

Setiap Wajib Pajak yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan wajib mendaftarkan diri pada kantor Direktorat Jenderal Pajak yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan Wajib Pajak dan kepadanya diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak.

 

Nah lho, apa tuh persyaratan subyektif ?

Persyaratan subjektif adalah persyaratan yang sesuai dengan ketentuan mengenai subjek pajak dalam Undang-Undang Pajak Penghasilan 1984 dan perubahannya.

 

Terus, kalo persyaratan obyektif apa tuh?

Persyaratan objektif adalah persyaratan bagi subjek pajak yang menerima atau memperoleh penghasilan atau diwajibkan untuk melakukan pemotongan/pemungutan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Pajak Penghasilan 1984 dan perubahannya.

 

So, kalo kedua syarat itu kita penuhin, kita wajib punya NPWP dong?…. berarti kalo gak terpenuhi keduanya, gak wajib kan ? Mmmm…gitcu toh?

Oke, guys… coba kita berkaca ke diri kita masing-masing, kita memenuhi syarat subyektif dan obyektif gak…? Kalo memenuhi, lets go get NPWP…

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: