Arti NPWP…?

NPWP ? Apa sih guys…?

 

Nih arti NPWP yang gue comot dari Undang – Undang No. 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan :

Nomor Pokok Wajib Pajak yang selanjutnya disebut dengan NPWP adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

 

Kalo menurut gue neh… NPWP itu kan sarana melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan, jadi ibaratnya NPWP tuh ‘kunci’ kalo elo mau ‘masuk’ melaksanakan kegiatan perpajakan. Ibarat kalo mo nabung di Bank, NPWP tuh nomor rekening tabungan kita guys…

Cuma, kalo nabung di Bank uangnya untuk kepentingan kita pribadi, nah kalo bayar pajak uangnya untuk nabung buat kepentingan Negara… ceilaaa, ketinggian gak seh bahasa gue, guys?

 

NPWP itu identitas diri, jadi gak akan sama satu Wajib Pajak dengan yang lainnya. Seperti nomor rekening bank tadi, kita nabung ke rekening kita masing – masing. Gak mungkin dong kita nabung ke rekening orang lain…( kecuali elo emang dermawan tujuh turunan… hehehe…) Lha, kalo ada yang sama gimana? Kemungkinannya sih ada, tapi kecil banget guys… kalo pun ada, elo bisa minta ganti ke Kantor Pajak waktu dulu elo terdaftar.

 

NPWP kan identitas tax payer di Indonesia, kalo di Amrik sono mungkin namanya lain, ada yang tau guys? Atau negeri – negeri lain di belahan bumi sono, namanya mungkin beda – beda. Tapi fungsinya sama, sebagai ‘kunci’ pembuka dalam melaksanakan hak dan perpajakan kita.

 

Itu sedikit yang gue tau tentang NPWP guys…

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: